WpMag

LightBlog

Friday, March 16, 2018

Bahaya HIV / Aids

AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah dimana suatu kondisi ketika limfosit dan sel-sel darah putih mengalami kerusakan sehingga melemahkan sistem pertahanan alami tubuh.
Penyakit yang disebabkan oleh virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). sudah banyak yang terjangkit karena kebiasan seksual yang tidak sehat.

bahaya dan dampak hiv aids


Di Indonesia, kasus AIDS pertama kali ditemukan pada 1987, yaitu ketika seorang wisatawan yang berusia 44 tahun asal  Negara Belanda meninggal di rumah sakit. kematian lelaki asing itu sendiri diduga terkena AIDS. hingga sampai saat ini, diperkirakan AIDS telah menewaskan kurang lebih hampir 20 juta orang di seluruh dunia.
Gejala - gejala AIDS awal yang timbul dan sudah dapat dilihat, antara lain :
  1. Demam
  2. Kehilangan berat badan secara drastis
  3. Badan lemah
  4. Kelenjar membengkak
  5. Sakit kepala,
dan setelah gejala di atas muncul, akan diikuti gejala lanjutan, yaitu terjadi penurunan kekebalan daya tahan tubuh sehingga mudah sekali terserang penyakit - penyakit sekunder, semisal kanker getah bening, pneumonia, infeksi kulit dan mulut.
untuk AIDS sendiri sampai saat ini belum di temukan obat yang bisa menyembuhkan secara menyeluruh, namun secara medis telah mendapat penemuan baru untuk memperpanjang usia penederita, yaitu dngan mengkonsumsi obat Antiretroviral (ART). obat ini hanya menekan jumlah virus tersebut sehingga tidak bertambah. manfaat lain dari obat Antiretroviral antara lain :
  1. Membuat penderita merasa jauh lebih baik dan sehat,
  2. Mampu mempertahankan jumlah sel sistem kekebalan tubuh yang melawan infeksi (sel CD4),
  3. Apabila dikonsumsi oleh orang yang belum ada gejala AIDS, akan mengurangi kemungkinan menjadi sakit,
  4. Apabila dikonsumsi oleh orang yang ada gejala AIDS, akan mengurangi gejala itu timbul dimasa yang akan datang.

No comments:

Post a Comment