WpMag

LightBlog

Thursday, March 15, 2018

Penyebab Penyakit Demam Berdarah dan Bahayanya ?

Apa Itu Demam Berdarah?

Penyakit mematikan ini apabila tidak segera ditangani akan berbahaya, ini tergolong penyakit menular yang disebabkan oleh virus Dengue yang  timbulnya mendadak disertai dengan pendaharan. Penyakit ini dapat menimbulkan kematian dalam waktu tidak lama serta menimbulkan wabah.
Virus penyakit Demam Berdarah sendiri sampai saat ini dikenal 4 type virus, yaitu : D1, D2, D3  dan D4, termasuk dalam grup E Arthropod Borne Viruses.

Penyebab Penyakit Demam Berdarah dan Bahayanya ?


Penularan

Tidak seperti nyamuk pada  umumnya yang apabila tergigit hanya  timbul rasa sakit dan bentol, tetapi nyamuk Aedes Aegypti, yaitu nyamuk yang menyebabkan penularan melalui gigitan dan berdampak Demam Berdarah (meskipun juga dapat ditularkan oleh Aedes Albopictus yang hidup di kebun).
Nyamuk ini mendapat virus dengue pada waktu menghisap darah penderita penyakit Demam Berdarah dengue atau orang tanpa gejala sakit yang membawa virus dalam darahnya.
Jika nyamuk ini menggigit orang lain, maka virus Dengue akan pindahkan bersama air liur nyamuk. Dalam waktu kurang dari 7 hari orang tersebut dapat menderita sakit Demam Berdarah dengue. Virus dengue dapat memperbanyak diri dalam tubuh manusia dan akan berada didalam darah selama 1 minggu.
Apakah orang yang kemasukan virus dengue akan terkena sakit Demam Berdarah?
Jawabnya, semua orang yang kemasukan virus dengue tidak semuanya akan sakit demam berdarah dengue. Ada yang demam ringan yang akan sembuh dengan sendirinya, atau bahkan ada yang sama sekali tanpa gejala sakit. Tetapi semuanya merupakan pembawa virus dengue selama 1 minggu, sehingga akan dapat menularkan pada orang lain di berbagai wilayah.

Gejala penyakit Demam Berdarah

Pada hari pertama sulit dibedakan dengan penyakiit lain. Tapi tanda – tanda  yang lazim adalah :


  1.  panas mendadak teruus menerus, suhu badan 38⁰C - 40⁰C atau lebih, badan lemah lesu.
  2. Pada hari kedua atau ketiga timbul bintik – bintik merah dikulit  pada lengan, kaki dan badan mirip dengan bekas gigitan nyamuk. Untuk membedakannya, kulit direngangkan, bila  hilang berarti bukan tanda penyakit demam berdarah. Nyeri ulu hat
  3. Antara hari ketiga sampai ketujuh Panas akan turun secara tiba – tiba, kemungkinan yang terjadi adalah : penderita sembuh atau keadaan memburuk yang ditandai dengan : gelisah, ujung tangan dan kaki dingin, banyak mengeluarkan keringat
  4. Bila keadaan berlanjut dapat  terjadi : Renjatan (lemah, lunglai, denyut nadi lemah atau tidak teraba), kadang – kadang kesadaran menurun, Bila  tidak segera ditolong di rumah sakit / puskesmas penderita dapat meninggal dunia.


No comments:

Post a Comment