WpMag

LightBlog

Sunday, March 11, 2018

kanker bukan penyakit ?

Pengertian kanker adalah bukan penyakit


Kanker adalah?

Didalam tubuh setiap manusia tersusun oleh berbagai macam sel. Diawali dengan satu sel telur ibu yang kemudian berpadu satu sel ayah. Tabiat semua sel tubuh membelah diri menjadi ratusan, ribuan, sampai miliaran sel. Lalu berhenti setelah seluruh tubuh selesai dibangun.

Pada setiap organ tubuh manusia memiliki jenis dan sifat selnya sendiri. Ada sel yang terus tumbuh menyelesaikan tugasnya sesuai apa yang diprogramkan oleh cetak-biru dalam gen, ada juga sel yang pada waktunya berhenti bertumbuh.

Namun, dalam keadaan tidak normal, ada sel tubuh yang berubah tabiat. Sel bertumbuh dan membelah diri secara liar dan nakal tak patuh mengikuti aturan. Gen yang mengatur sel berbiak atau gen onco (oncogene) menyala terus, sedang gen yang mengatur agar sel berhenti berbiak (tumor suppressor gene) malah padam. Secara merajalela sel tumbuh berkembang biak terus tak terkendali tanpa henti sehingga akhirnya membentuk sebuah tumor.  

Kenapa seseorang  bisa terkena kanker?

Seseoarang bisa terkena kanker karena tubuhnya mewarisi gen kanker. Karena terjadi genetic error pada gen dalam selnya. Karena gen diperintahkan sel berbiak terus terpicu menyala terus. Berbeda lagi dengan pembelahan sel normal, sel abnormal membelah secara tak beraturan dan membabi buta atau disebut dysplasia

Siapa yang biasanya terkena kanker?

Umumnya orang yang membawa penyakit kanker punya resiko terkena kanker lebih tinggi dibanding dengan yang tidak mewarisi penyakit kanker.
kanker umumnya terkait dengan kekebalan tubuh, bertambahnya usia, system imun tubuh semakin menurun. Maka, kelompok usia seseorang makin tua, biasanya lebih rentan terkena kanker dibanding kelompok usia muda.
Jenis kanker tertentu cenderung menimpa kelompok umur tertentu. Misalnya kanker terkait kulit menimpa kelompok usia lebih lanjut, kanker hormon reproduksi menimpa kelompok usia reproduktif.

No comments:

Post a Comment